Pengertian, Manfaat dan Risiko Menggunakan Kartu Kredit

Pengertian, Manfaat dan Risiko Menggunakan Kartu Kredit

Jawapostv.com – Pengertian, Manfaat dan Risiko Menggunakan Kartu Kredit. Kartu kredit dapat digunakan untuk membayar kebutuhan sehari-hari seperti belanja dan tarik tunai sebagai metode pembayaran, dan penerbit kartu kredit atau bank membayar terlebih dahulu.

Pengertian Kartu Kredit

Menurut Bank Indonesia, kartu kredit adalah salah satu metode pembayaran berbasis kartu atau APMK. Kartu kredit dapat digunakan untuk membayar kebutuhan sehari-hari seperti belanja dan tarik tunai sebagai metode pembayaran, dan penerbit kartu kredit atau bank membayar terlebih dahulu. Bank akan membayar di muka, maka pemegang kartu harus membayar kembali sejumlah uang tersebut di waktu yang telah disepakati.

Cara Kerja Kartu Kredit

Berikut adalah sistem operasi kartu kredit.

  1. Saat menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, tunjukkan kartu tersebut kepada merchant. Bisa jadi pegawai toko.
  2. Setelah memasukkan atau menggesek kartu ada proses validasi. Jika kartu Anda ditolak, berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penolakan:
  • Kartu kredit Anda belum diaktifkan.
  • Kartu kredit Anda telah melampaui batas atau limit pemakaiannya.
  • Keterlambatan pembayaran kartu kredit.
  • Penahanan dana.
  • Koneksi internet buruk saat melakukan pembayaran.
  1. Melakukan nomor 1 dan 2 akan menambahkan kartu debit ke kartu kredit Anda.
  2. Anda akan memiliki tagihan yang sudah termasuk biaya penggunaan kartu kredit Anda sebagai transaksi bulanan. Pembayaran penuh harus dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo, jika tidak maka tidak akan ada penalti untuk keterlambatan pembayaran.
  3. Karena pembayaran kartu kredit menjadi riwayat kredit Anda, penting untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Riwayat kredit yang baik memudahkan untuk meminjam uang, mengambil pinjaman ekuitas rumah, atau mengendarai sepeda motor karena kredit yang baik menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab secara finansial.

Manfaat Menggunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memiliki keuntungan sebagai berikut:

  • Dapat Sebagai Pinjaman yang Praktis dan Terjangkau

Misalnya, jika Anda sakit dan membutuhkan pengobatan tetapi tidak memiliki asuransi kesehatan atau BPJS, kartu kredit Anda dapat digunakan untuk membayar tagihan rumah sakit dan obat-obatan yang Anda butuhkan.

  • Lebih Mudah Untuk Transaksi di Luar Negeri

Kartu kredit berlabel Visa dan Mastercard memungkinkan transaksi internasional. Dengan begitu, Anda tidak perlu menukarkan uang dengan mata uang negara tujuan.

  • Belanja Online Lebih Mudah dan Transaksi Lebih Aman

Berbelanja online menggunakan kartu kredit Anda selama transaksi membuat prosesnya lebih mudah karena Anda tidak perlu mengirim uang. Belanja online menggunakan kartu kredit juga aman karena informasi pemegang kartu seperti nama pemegang kartu, nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu, kode verifikasi kartu (CVC), dan nilai verifikasi kartu (CVV).

  • Pembatalan Transaksi Online yang Mudah

Jika kamu melakukan transaksi online dan produk yang kamu terima tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, kamu dapat menghubungi penerbit kartu kredit Anda. Setelah menjelaskan masalahnya, penerbit kartu kredit dapat membatalkan transaksi jika masalahnya wajar.

  • Anggaran Pengeluaran yang Lebih Teratur

Ketika Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit Anda, lebih mudah untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran Anda karena semua transaksi dicatat secara otomatis.

Kartu kredit memang lebih aman dan lebih mudah untuk digunakan, tapi tetap ada risiko saat menggunakan kartu kredit sebagai opsi perdagangan. Waspadai risiko penggunaan kartu kredit di bawah ini.

Risiko menggunakan kartu kredit

Risiko menggunakan kartu kredit adalah sebagai berikut:

Dapat Menyebabkan Kebiasaan Berhutang

Jumlah yang digunakan saat berbelanja dengan kartu kredit harus dibayarkan ke perusahaan kartu kredit, dan harus dibayar dalam tenggat waktu. Jika Anda melakukan pembayaran tanpa mengingat fakta ini, Anda dapat menumpuk hutang di bank Anda dan mengembangkan kebiasaan berhutang.

Perilaku Konsumsi

Ada banyak keuntungan menggunakan kartu kredit, salah satunya banyak diskon dan gift certificate. Semakin banyak penawaran terkait transaksi kartu kredit dapat memicu perilaku konsumsi yang boros.

Biaya Bunga Tahunan

Jika Anda pengguna kartu kredit baru atau ingin membuat kartu kredit, kepemilikan kartu kredit tidak gratis, ada biaya tahunan atau tahunan, besarannya tergantung jenis kartu kredit. Batas kartu kredit yang lebih besar juga menghasilkan biaya tahunan yang lebih tinggi.

Saat Tarik Tunai

Tahukah Anda bahwa ada biaya penarikan tunai dengan kartu kredit? Jika Anda menarik uang tunai menggunakan kartu kredit Anda, Anda akan dikenakan biaya 4% dari jumlah penarikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *